Wisata Lokal Yang Mendunia NTB Tetebatu Wisata Terbaik di Dunia
Wisata Dunia

Wisata Lokal Yang Mendunia NTB Tetebatu Wisata Terbaik di Dunia

Wisata Lokal Yang Mendunia NTB Tetebatu Wisata Terbaik di Dunia – Dusun Tetebatu di Kecamatan Sikur, Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat, ditentukan menggantikan Indonesia dalam pertandingan adu Dusun Darmawisata Terbaik( Best Tourism Village) yang diselenggarakan Badan Pariwisata Bumi Perserikatan Bangsa- Bangsa( UNWTO).

batdongsantoancau24h.com Kepala Biro Pariwisata NTB, Yusron Hadi, berkata data pencalonan Dusun Tetebatu ini didapat langsung dari Departemen Pariwisata serta Ekonomi Inovatif( Kemenparekraf), yang membenarkan ada 3 dusun darmawisata yang diusulkan menjajaki adu di UNWTO, bersama 2 dusun darmawisata yang lain di Indonesia, ialah satu dari Yogyakarta serta satu lagi dari Nusa Tenggara Timur( NTT).

Baca Juga :  Daftar Destinasi Wisata Terbaik Indonesia

” Penguasa provinsi mengapresiasi usaha yang dicoba Kabupaten Lombok Timur yang telah menyiapkan seluruh sesuatunya buat pencalonan adu ini. Gubernur NTB serta Bupati Lombok Timur melafalkan dapat kasih yang sebesar besarnya atas minat serta ketetapan Kemenparekraf pada 19 Agustus, memutuskan dusun darmawisata Tetebatu selaku partisipan adu UNWTO. Dapat kasih atas sokongan Abang Menteri Parekraf, mudah- mudahan Tetebatu pemenang,” ucap Yusron.

Di antara lain peninggalan adat, darmawisata alam air turun yang ada lebih dari 3 titik, alam perkemahan, darmawisata ramah area serta arah jalan sepeda gunung.

” Dikala ini kita lagi terletak di Dusun Tetebatu berjumpa dengan Pak Kades, pengelola dusun darmawisata serta pokdarwis buat pendampingan adu. Wujudnya non- teknis serta teknis. Non- teknis dapat uraian mengenai pengurusan dusun darmawisata, sebaliknya teknisnya sokongan penyusunan area serta pendampingan dicoba oleh seluruh pihak,” ucapnya.

Kemampuan Dusun Tetebatu

Dusun Darmawisata Tetebatu sendiri jadi salah satu tempat buat menikmati pesona keelokan panorama alam di kaki selatan Gunung Rinjani.

Dusun ini mempunyai pesona keelokan pemandangan pegunungan serta persawahan, kontur tanah di Tetebatu semacam anak tangga yang membuat persawahan produktif nan hijau.

Penggemar photography pula marak menghadiri dusun ini, spesialnya mereka yang mau mengutip keelokan panorama alam mentari keluar yang amat mempesona.

Panorama alam senjanya juga tidak takluk mempesona, alhasil kerap turut dikunjungi turis.

Tidak hanya keelokan sunrise serta sunset, di dusun darmawisata Tetebatu pula ada sebagian air turun semacam, Air turun Ulem- ulem, Air turun Burung Walet, Air Turun Kokok Duren, Air Turun Seme Deye serta Air turun Sitrus Manis.

Dusun darmawisata Tetebatu sudah mempunyai sebagian sarana cagak untuk para turis, semacam homestay serta rumah makan.

Pemberitahuan juara Best Tourism Village hendak diumumkan pada Oktober 2021, dalam Konferensi Badan Biasa UNWTO tahap ke- 24 di Marrakesh, Maroko.