Kesehatan

Sudah Sampai Mana Kelanjutannya Uji Coba Vaksin Corona di Indonesia

Sudah Sampai Mana Kelanjutannya Uji Coba Vaksin Corona di Indonesia – Salah satu calon vaksin COVID- 19 tengah menempuh percobaan klinis tahap III di Bandung, Jawa Barat. Telah hingga mana kemajuan terbaru percobaan itu?

Tubuh Pengawas Obat serta Santapan( BPOM) pada Jumat( 16 atau 10 atau 2020) sudah melaksanakan inspeksi penerapan percobaan klinis vaksin Sinovac di Puskesmas Garuda serta Puskesmas Dago, Bandung. Tadinya, inspeksi pula sudah dicoba di semua senter percobaan pada 8- 9 September.

” Hasil inspeksi membuktikan tidak terdapat penemuan yang bertabiat kritikal,” tutur Kepala BPOM Penny K Lukito, dalam rilisnya,

Dikala ini, percobaan klinis vaksin Sinovac sudah merambah langkah rekrutmen poin terakhir i Indonesia. Berikutnya, hendak dicoba observasi efikasi ataupun manfaat dan keamanan vaksin.

” Sepanjang ini tidak ditemui terdapatnya respon yang kelewatan ataupun Serious Adverse Event, cuma respon enteng semacam biasanya pemberian pengimunan,” tutur Penny.

BPOM hendak melaksanakan monitoring secra teratur buat memperoleh informasi manfaat serta keamanan vaksin dengan cara komplit. Informasi itu diperlukan dalam pemberian permisi pemakaian dalam situasi gawat ataupun Emergency Use Authorization( EUA).

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *