Kesehatan

Penyakit Khas di Musim Hujan Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis

Penyakit Khas di Musim Hujan Cara Mengatasi Gejala Leptospirosis – Merambah masa penghujan, sistem kebal badan hendak menyusut serta membuat Kamu rentan kepada bermacam penyakit. Salah satu yang harus diwaspadai di masa hujan semacam ini merupakan penyakit leptospirosis.

Kamu wajib mempersiapkan bermacam amunisi biar situasi badan senantiasa bugat serta prima. Tetapi, gimana bila pertanda leptospirosis terlambat timbul serta mengusik kegiatan? Gimana metode mengobatinya? Ayo, cari ketahui melalui keterangan selanjutnya ini.

Apa saja pertanda leptospirosis?

Leptospirosis ialah salah satu penyakit yang kerap timbul dikala masa hujan. Leptospirosis merupakan penyakit yang diakibatkan oleh kuman leptospira yang melanda binatang serta orang.

Leptospirosis ditularkan ke orang lewat kontak dengan air, tanah, ataupun lumpur yang terinfeksi oleh kemih tikus yang terkena leptospira. Tetapi, peradangan ini tidak dapat ditularkan dari satu orang ke orang lain, jadi cuma dapat ditularkan oleh binatang yang terkena saja.

Pertanda leptospirosis ini umumnya timbul dengan cara seketika, dekat 5 hingga 14 hari sehabis badan terkena. Kala kuman leptospira sukses masuk ke dalam badan, Kamu hendak hadapi bermacam pertanda leptospirosis yang mencakup:

Meriang serta menggigil

Batuk

Berak air, muntah, ataupun keduanya

Sakit kepala

Perih otot, paling utama di bagian punggung serta betis

Ruam pada kulit

Mata merah serta iritasi

Penyakit kuning

Opsi obat buat memudahkan pertanda leptospirosis

Mayoritas permasalahan leptospirosis yang terdapat di Indonesia tercantum leptospirosis enteng. Pertanda leptospirosis enteng umumnya bisa diatasi dengan pemberian antibiotik, semacam doxycycline ataupun penicillin, buat menyurutkan indikasinya.

Bila Kamu hadapi perih otot serta meriang terus- terusan, dokter bisa jadi pula hendak membagikan ibuprofen yang wajib diminum teratur. Dengan obat- obatan ini, pertanda leptospirosis umumnya hendak berdikit- dikit lenyap dalam durasi kurang lebih satu minggu.

Hendak namun, pertanda leptospirosis yang tidak lekas ditangani pula dapat bertumbuh jadi akut, loh. Peradangan kuman leptospira bisa menabur ke bagian badan yang lain serta mengakibatkan kandas ginjal, kandas batin, kendala respirasi, sampai meningitis.

Seluruh penindakan yang diserahkan dokter terkait dari alat mana yang terkena. Bila kuman leptospira telah menginfeksi sistem respirasi, penderita bisa jadi hendak diserahkan ventilator buat menolong pernapasannya.

Sebaliknya bila mempengaruhi ginjal, penderita bisa jadi membutuhkan dialisis nama lain mencuci darah biar guna ginjalnya senantiasa wajar. Dengan cara biasa, penderita leptospirosis direkomendasikan buat jaga bermalam sepanjang sebagian minggu sampai berbulan- bulan, terkait dari keparahan indikasinya.

Bisakah pertanda leptospirosis ditangani dengan cara natural?

Pasti saja, terdapat sebagian metode natural yang dapat Kamu jalani buat memudahkan pertanda leptospirosis. Buat menghindari peradangan leptospirosis terus menjadi akut, jalani cara- cara selanjutnya ini:

1. Cermati air minum Anda

Yakinkan air minum yang terdapat di rumah Kamu betul- betul bersih serta tidak terinfeksi. Ataupun, memilih air minum bungkusan yang sedang disegel dengan bagus buat menjamin kebersihannya.

Bukan perihal yang tidak bisa jadi bila air putih yang Kamu minum hendak terinfeksi oleh kuman leptospira. Terdapat bagusnya, menggodok air terlebih dulu serta taruhlah di teko ataupun media tertutup yang lain saat sebelum diminum.

2. Gunakan dasar kaki

Senantiasa maanfaatkan dasar kaki yang bersih, tidak tahu itu sandal ataupun sepatu, dikala ke luar rumah. Terlebih dikala masa hujan, Kamu pasti hendak menciptakan banyak kubangan air di sejauh jalur.

Hati- hati, kubangan air itu dapat jadi sudah teraduk dengan air kemih tikus ataupun binatang yang lain yang terkena kuman leptospira. Sehabis ke luar rumah, lekas mencuci kaki dengan bersih buat menghindari peradangan leptospirosis.

3. Atasi cedera terbuka

Kuman leptospira hendak amat gampang masuk ke dalam badan lewat cedera terbuka. Bila Kamu memiliki cedera terbuka pada bagian badan khusus, lekas tutup dengan plester ataupun atasi sampai betul- betul membaik.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *