Kesehatan

Mencegah Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi

Mencegah Kehamilan Tanpa Alat Kontrasepsi – Biasanya, dikala mau menghindari kehamilan, mayoritas orang hendak memilah buat memakai bermacam tipe perlengkapan kontrasepsi yang ada.

Opsi kontrasepsi yang ada berbagai macam, mulai dari kapsul KB, IUD, suntik KB, implan KB, serta serupanya. Tetapi, terdapat pula yang berupaya menghindari kehamilan pula dapat dicoba dengan cara natural. Mengerti kah Kamu apa saja opsi KB natural yang dapat Kamu jalani? Ikuti uraiannya selanjutnya ini.

Beraneka ragam opsi KB natural buat menghindari kehamilan

Menghindari kehamilan tidak saja wajib memakai perlengkapan kontrasepsi. Kamu pula dapat memakai KB natural yang pula dapat menolong Kamu menunda mempunyai anak. Apa saja opsi KB natural yang ada buat Kamu?

1. Tidak berkaitan seks

Salah satu KB natural yang dapat Kamu coba buat menghindari kehamilan yang telah aman 100% efisien merupakan abstinence ataupun tidak berkaitan intim. Tidak hanya itu, Kamu pula telah tentu tidak hendak hadapi penjangkitan penyakit meluas intim dari pendamping Kamu bila tidak melaksanakan ikatan seks.

Tidak melaksanakan ikatan seks maksudnya tidak melaksanakan sexual intercourse, semacam penekanan ataupun sexual outercourse. Tetapi, bila Kamu mau memakai KB ini bagaikan kontrasepsi natural, Kamu serta pendamping wajib akur buat bersama menahan diri dari antusiasme seks kepada satu serupa lain.

Kerap kali, tidak berkaitan seks dengan pendamping bukan perihal yang gampang. Paling tidak, Kamu wajib mempunyai alibi kokoh buat melaksanakan ataupun memilah tata cara ini bila mau menempuh KB natural ini dengan lebih gampang.

2. Senggama terputus

Sempatkah Kamu mengikuti sebutan senggama terpenggal? Umumnya, sebutan buat KB buat menghindari kehamilan dengan cara natural yang satu ini diketahui bagaikan“ pergi di luar”. Maksudnya, dikala berkaitan intim, pendamping pria hendak menarik penisnya pergi dari Miss V saat sebelum terjalin pemancaran.

Tetapi, KB natural yang Kamu maanfaatkan buat menghindari kehamilan ini belum pasti efisien. Kenapa? Alasannya, untuk melaksanakan KB natural ini, Kamu menginginkan Fokus yang amat besar supaya sukses melaksanakannya. Tidak seluruh orang dapat berkonsentrasi penuh pada dikala melaksanakan ikatan akrab.

Pendamping pria bisa jadi saja tidak terencana menghasilkan sedikit larutan dikala penis sedang terletak di dalam Miss V. Pada permasalahan khusus, larutan ini dapat saja memiliki mani di dalamnya.

Perkaranya, cuma menginginkan satu sel mani buat membuahi satu sel telur. Jadi, KB natural ini dapat dibilang kandas bila sel mani itu sukses berenang masuk ke dalam kandungan serta membuahi sel telur, kehamilan dapat terjalin.

Bersumber pada Office on Women’ s Health, 22 dari 100 pendamping yang memakai tata cara ini bagaikan KB natural mempunyai resiko hadapi kehamilan.

3. Tata cara fertility awareness

Fertility awareness yang pula diketahui bagaikan alami family planning. Tata cara ini merupakan salah satu KB natural yang dicoba dengan metode menulis daur haid Kamu, alhasil Kamu dapat ketahui bila emak telur membebaskan sel- sel telur tiap bulannya( ovulasi).

Bila Kamu mau menghindari kehamilan memakai KB natural ini, Kamu dapat melaksanakannya dengan menjauhi berkaitan intim dengan pendamping pada dikala Kamu lagi subur- suburnya. Umumnya, masa- masa sangat produktif dari seseorang perempuan merupakan mendekati ovulasi.

Terdapat sebagian metode yang dapat Kamu jalani buat membagi era produktif Kamu bila mau memakai fertility awareness bagaikan KB natural, di antara lain:

Lihat temperatur basal tubuh

Salah satu metode yang dapat Kamu jalani buat mengecek era ovulasi Kamu merupakan mengecek temperatur basal badan. Temperatur badan Kamu umumnya hendak berubah- ubah sejauh daur haid Kamu. Bagaikan ilustrasi, di dini daur, temperatur badan Kamu hendak terbatas lebih kecil.

Sedangkan, temperatur badan hendak sedikit bertambah dikala Kamu berovulasi. Buat memakai tata cara ini dalam mengecek era ovulasi Kamu, Kamu wajib melaksanakannya tiap hari, serta menuliskannya pada bagan ataupun bagan fertility awareness yang dapat Kamu miliki dari dokter ataupun juru rawat di rumah sakit.

Bila Kamu sedang belum terbiasa ataupun belum percaya gimana metode mengecek temperatur badan yang pas, Kamu dapat menanya ataupun memohon pendampingan oleh dokter ataupun biarawati di dini durasi. Terkini, bila Kamu telah percaya dapat melaksanakannya sendiri, Kamu dapat mengecek temperatur badan Kamu dengan cara mandiri di rumah.

Lihat cairan pekat serviks

Buat melaksanakan KB natural ini, Kamu pula dapat mengecek cairan pekat serviks buat mengenali bila Kamu merambah era produktif. Pergantian pada cairan pekat serviks yang Kamu penciptaan bisa menolong Kamu mengenali bila Kamu hendak berovulasi.

Dikala Kamu merambah era produktif, jauhi berkaitan akrab dengan pendamping, ataupun maanfaatkan kondom bila memanglah tidak dapat menahan antusiasme seks. Tetapi, dikala Kamu lagi tidak merambah era produktif, Kamu dapat berkaitan seks dengan pendamping tanpa pengaman.

Buat mengenali pergantian pada cairan pekat serviks, Kamu wajib meninjaunya tiap hari. Salah satu metode terbaik buat mengenali kestabilan dari cairan pekat serviks merupakan menggosok- gosokkannya pada bunda jemari serta jemari telunjuk. Kemudian, cobalah buat menjauhkan kedua jemari itu buat memandang kepekatan dari cairan pekat serviks.

Dikala Kamu terkini mulai memakai tata cara ini buat mengecek era produktif, senantiasa jauhi melaksanakan penekanan dengan pendamping dalam satu daur haid. Alasannya, berkaitan seks bisa mengganti komposisi dari cairan pekat serviks, alhasil perihal ini dapat membuat Kamu kebimbangan.

Tata cara kalender

Salah satu tata cara yang pula dapat Kamu jalani buat mengecek era produktif bagaikan bagian dari KB natural ayitu

menghindari kehamilan dengan tata cara almanak. Betul, tata cara ini dapat pula dicoba buat kalkulasi era produktif untuk menjauhi kehamilan.

Tetapi, saat sebelum Kamu memakai tata cara ini, Kamu paling tidak wajib membagi daur haid Kamu sejauh 6 daur. Kamu wajib men catat hari awal datang bulan bagaikan hari awal daur itu. Kemudian, jalani perihal yang serupa tiap Kamu hadapi haid.

Jumlah jumlah hari yang merentang dari hari awal daur tadinya serta hari awal daur dikala ini. Jumlah hari itu merupakan jumlah hari dalam satu daur. Daur masing- masing orang berbeda- beda, alhasil janganlah sempat menyamakan daur Kamu dengan daur orang lain.

Bila Kamu mau mengenali bila Kamu merambah era sangat produktif dengan tata cara almanak, Kamu dapat melaksanakan sebagian perihal, semacam selanjutnya.

Cari daur terpendek yang sempat Kamu natural.

Mengurangi 18 dari keseluruhan jumlah hari pada daur Kamu.

Bila Kamu sudah memperoleh hasil pengurangannya, tandai hari cocok nilai hasil penurunan itu dengan nilai X.

Hari yang Kamu tandai dengan ciri X itu merupakan hari awal pada era produktif Kamu di tiap daur.

4. Membagikan ASI eksklusif

Salah satu metode yang pula dapat Kamu jalani merupakan membagikan ASI ekslusif bagaikan KB natural. Kenapa aktivitas ini dapat jadi opsi KB buat menghindari kehamilan dengan cara natural? Alasannya, aktivitas menyusui bisa menolong Kamu menunda berovulasi sampai 6 bulan sehabis Kamu melahirkan.

KB natural ini terkategori efisien buat kurun durasi khusus sebab hormon yang diperlukan buat memotivasi penciptaan susu bisa menghindari pembebasan hormon yang memotivasi terbentuknya ovulasi. Tetapi, mengenang KB natural ini cuma sanggup menolong Kamu menunda kehamilan sampai 6 bulan, Kamu hendaknya memakai tata cara kontrasepsi lain sehabis melalui dari era itu.

Tidak hanya itu, KB natural ini pula cuma dapat bertugas dengan cara efisien bila Kamu menyusui anak Kamu tiap 4 jam sekali, serta 6 jam sekali dikala malam hari dengan kedua buah dada Kamu. Khasiat dari mempraktikkan tata cara ini bagaikan KB natural opsi Kamu merupakan:

Tidak mempunyai dampak sisi.

Gampang serta tidak menginginkan bayaran apa juga.

Tidak mempengaruhi penyeimbang hormon di dalam badan.

Tidak menginginkan bermacam tipe penyembuhan ataupun ajakan kedokteran dari dokter.

Bertugas dengan cara efisien.

Ikatan seks dengan pendamping terasa lebih nikmat tanpa terdapat kendala perlengkapan kontrasepsi

5. Outercourse

Opsi KB natural yang lain merupakan outercourse. Maksudnya, Kamu senantiasa dapat melaksanakan ikatan intim dengan pendamping Kamu. Cuma saja, Kamu tidak membiarkan sexual intercourse semacam penekanan. Dikala outercourse, Kamu cuma diperbolehkan buat melaksanakan kegiatan seks semacam berciuman, pijatan harmonis, seks oral, coli, silih meremas, ataupun seks memakai mainan seks.

Pasti outercourse dapat jadi opsi KB yang pas untuk Kamu bila mau menghindari kehamilan dengan cara natural. Alasannya, Kamu sedang dapat menikmati kegiatan seks dengan pendamping sepanjang tidak terdapat alterasi larutan badan dari perlengkapan kemaluan. Bila mau mempraktikkan KB natural ini, Kamu dapat memakai dental dekameter ataupun kondom untuk kurangi resiko penjangkitan penyakit kemaluan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *