Kesehatan

Bio Farma Ungkap Alasan Vaksin COVID-19 Sinovac yang Pertama Didatangkan

Bio Farma Ungkap Alasan Vaksin COVID-19 Sinovac yang Pertama Didatangkan – Saat ini tersedia lebih dari satu kandidat vaksin COVID-19 menjanjikan yang tengah menjalani uji klinis fase tiga. Terkait hal tersebut, Indonesia terhadap akhirnya memilih untuk mendatangkan vaksin dari Sinovac Biotech sebagai vaksin COVID-19 pertama.

Bio Farma Ungkap Alasan Vaksin COVID-19 Sinovac yang Pertama Didatangkan

Bio Farma Ungkap Alasan Vaksin COVID-19 Sinovac yang Pertama Didatangkan

Direktur Utama Bio Farma, Honesti Basyir, mengatakan tersedia lebih dari satu alasan kenapa vaksin COVID-19 dari Sinovac dipilih.

Alasan pertama dikarenakan vaksin COVID-19 Sinovac terhitung tidak benar satu kandidat vaksin yang cepat didalam proses pengembangan dan uji klinisnya. Indonesia terhitung turut turut dan juga didalam proses uji klinis fase tiga vaksin Sinovac di Bandung yang dimulai terhadap Agustus lalu.

“Dilihat dari timeline calon vaksin COVID-19, Sinovac terhitung satu dari Bandar Taruhan 10 kandidat yang paling cepat masuk ke uji klinis step tiga,” kata Basyir didalam konferensi pers yang disiarkan kanal Youtube Forum Merdeka Barat 9, Selasa (8/12/2020).

Faktor penentu selanjutnya adalah teknologi atau metode yang digunakan didalam pembuatan vaksin. Diketahui vaksin COVID-19 Sinovac manfaatkan virus yang telah dilemahkan atau sering disebut inactivated virus.

Basyir menyebut metode inactivated virus telah terbukti sukses didalam sebabkan vaksin-vaksin sebelumnya dan teknologi ini dimiliki oleh Bio Farma supaya memudahkan proses transfer ilmu.

“Platform tersebut telah dikuasai oleh Bio Farma,” ungkapnya.

Alasan terakhir adalah proses kualitas Sinovac mendapat pengakuan dari Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *