Kesehatan

Berapa Lama Antibodi Terbentuk Usai Suntik Vaksin Corona

Berapa Lama Antibodi Terbentuk Usai Suntik Vaksin Corona – Vaksin dipercaya efisien memerangi beraneka macam infeksi virus juga virus corona (Covid-19). Biasanya vaksin memiliki kandungan mikroba strain lemah yang tujuannya mengakibatkan proses kekebalan tubuh memproses antibodi.

Ketika vaksin disuntikkan ke tubuh, tubuh dapat mengenalinya dan membentuk kekebalan yang dikenal sebagai antibodi. Antibodi inilah yang nantinya berfungsi melawan virus yang masuk ke dalam tubuh.

Konsultan penyakit dalam berasal dari Rumah Sakit Aster RV, Bangalore, dr SN Aravinda mengungkap antibodi penting untuk memperkuat kekebalan tubuh melawan penyakit apapun. Antibodi sanggup dikembangkan secara alami oleh tubuh atau diinduksi oleh vaksinasi.

Lalu yang jadi pertanyaan, berapa lama antibodi terbentuk usai beroleh vaksin?

Aravinda menjelaskan, vaksinasi dapat menolong mempercepat tubuh memproses antibodi. Sementara itu Vaksinolog dan Spesialis Penyakit Dalam, dr. Dirga Sakti menyatakan untuk menyadari berapa lama antibodi terbentuk usai mendapat vaksin Covid-19 masih menanti data hasil uji klinis fase 3.

“Jadi sebenarnya kala ini masih menanti data hasil uji klinis fase 3. Jadi berapa lama proteksinya, berapa kali suntikan atau wajib diulang atau tidak. Oleh gara-gara itu, sebenarnya pemerintah mengambil sikap kehati-hatian menanti hasil uji klinis tahap 3 agar vaksin yang digunakan aman dan efektif,” kata Dirga dalam Dialog Produktif Vaksin: Intervensi Kesehatan Masyarakat yang Efektif dan Aman yang disiarkan secara streaming di YoTube Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional

Dirga sesudah itu menyatakan vaksin mempunyai dampak samping sebagaimana produk medis lainnya. Namun sifatnya enteng dan hanya berwujud reaksi lokal yaitu nyeri di area bekas suntikan atau demam.