Kesehatan

13 Manfaat Daun Kelor Yang Penting Untuk Kesehatan Tubuh

13 Manfaat Daun Kelor Yang Penting Untuk Kesehatan Tubuh

13 Manfaat Daun Kelor Yang Penting Untuk Kesehatan Tubuh

Daun kelor kerab diidentikkan dengan perihal mistis. Faktanya, daun kelor menyimpan banyak manfaat untuk kesegaran tubuh.
Pasang Bola
Daun kelor sesungguhnya udah kerap digunakan dalam ritual ataupun ramuan tradisional. Namun, secara ilmiah, daun kelor menyimpan banyak manfaat baik untuk kesegaran tubuh.

Daun kelor yang juga disebut moringa ini dipercaya bisa membantu memelihara takaran gula darah dan juga punya takaran antioksidan tinggi. Selain itu, takaran nutrisi daun kelor pun ternyata tak kalah baiknya.

Sebagai komponen yang kerap digunakan dalam obat-obatan tradisional, manfaat daun kelor untuk kesegaran ternyata bukan mitos.

Beberapa penelitian menyebutkan, daun yang satu ini bisa beri tambahan bermacam manfaat kesehatan, seperti:

1. Memberikan nutrisi untuk tubuh

Daun kelor adalah sumber vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Dalam kira-kira 20 gram daun kelor yang udah dipotong-potong, terkandung nutrisi sebagai berikut:

Protein: 2 gram
Vitamin B6: 19% berasal dari anjuran mengkonsumsi harian
Vitamin C: 12% berasal dari anjuran mengkonsumsi harian
Zat besi: 11% berasal dari anjuran mengkonsumsi harian
Riboflavin (vitamin B2): 11% berasal dari anjuran mengkonsumsi harian
Vitamin A: 9% berasal dari anjuran mengkonsumsi harian
Magnesium: 8% berasal dari anjuran mengkonsumsi harian
2. Kaya dapat antioksidan

Antioksidan berfaedah untuk memelihara tubuh berasal dari radikal bebas. Kadar radikal bebas yang sangat tinggi, bisa menambah risiko pada bermacam penyakit layaknya diabetes melitus tipe 2, sampai penyakit jantung.

3. Membantu menurunkan takaran gula darah

Daun kelor juga disebut bisa membantu menurunkan takaran gula darah. Sayangnya, belum banyak penelitian yang mengungkap manfaat daun kelor dalam perihal ini.

4. Membantu meredakan peradangan

Daun kelor mengandung isotiosianat, yang merupakan zat antiperadangan. Sehingga, tumbuhan ini dipercaya bisa membantu meredakan peradangan yang berjalan di tubuh.

5. Menurunkan kolesterol

Manfaat daun kelor yang disebut bisa membantu menurunkan kolesterol, membuatnya jadi incaran banyak orang. Pada daun kelor, efek penurun kolesterolnya disebut mirip dengan almond dan oats.

6. Melindungi tubuh berasal dari keracunan arsen

Pada penelitian yang dijalankan di hewan uji, daun kelor disebut bisa memelihara tubuh berasal dari racun arsenik, yang tidak jarang bisa masuk ke tubuh melalui kontaminasi makanan dan air.

7. Membantu menangani kanker

Manfaat daun kelor lain yang tak kalah hebat adalah kemampuannya dalam memperlambat perkembangan sel kanker. Hal ini menyebabkan daun kelor juga berfaedah dalam membantu kemoterapi lebih efektif.

8. Baik untuk energi ingat

Kandungan antioksidan dan juga zat-zat kimia yang ada dalam daun kelor, dipercaya bisa meredakan stres dan peradangan di otak. Hal ini membuatnya baik untuk menambah energi ingat.

9. Baik untuk jantung

Ekstrak daun kelor, disebut berpotensi menangani dislipidemia, tidak benar satu tipe penyakit jantung akibat naiknya takaran kolesterol dan juga trigliserida di tubuh.

10. Mencegah anemia

Kandungan zat besi yang lumayan tinggi di dalam daun kelor membuatnya dipercaya bisa membantu menahan anemia. Meski begitu, penelitian lebih jauh tetap perlu dijalankan untuk memastikan manfaat daun kelor ini.

11. Berpotensi menangani infeksi bakteri

Ekstrak daun kelor, juga dipercaya bisa membantu meredakan infeksi yang berjalan akibat bakteri. Pasalnya, tanaman ini mengandung bahan yang berupa antimikrobial, supaya bisa memusnahkan bakteri, terutama bakteri berjenis gram positif.

12. Dipercaya baik untuk wanita menopause

Daun kelor yang dikonsumsi dalam wujud bubuk, dipercaya bisa membantu menambah takaran antioksidan pada wanita yang udah mengalami menopause. Pada umur menopause, takaran antioksidan di tubuh sesungguhnya dapat alami penurunan akibat berkurangnya memproduksi hormon estrogen. Namun, penelitian lebih lanjut tetap dibutuhkan untuk mengerti manfaat daun kelor tersebut.

13. Baik untuk anak yang malnutrisi

Salah satu manfaat daun kelor yang belum banyak diketahui adalah kemampuannya dalam membantu menambah berat badan pada anak-anak dengan malnutrisi. faedah ini bisa didapat dengan mengkonsumsi bubuk kelor selama dua bulan secara teratur.

Meski begitu, jangan serta-merta beri tambahan olahan daun ini pada anak. Perhatikan efek samping yang kemungkinan berjalan dan diskusikan terutama dahulu dengan dokter berkenaan keamanannya.

Hingga selagi ini, sesungguhnya tetap belum banyak penelitian yang mengatakan efek samping mengkonsumsi daun kelor dalam jangka panjang.

Namun, para pakar mengkhawatirkan, mengkonsumsi daun kelor secara berlebih bisa menyebabkan mual, diare, dan heartburn. Selain itu, meski daun kelor dipercaya berfaedah untuk kesehatan, Anda sebaiknya tidak coba memanfaatkan bagian lain berasal dari pohon kelor yang belum terbukti khasiatnya secara ilmiah.

Misalnya, mengkonsumsi akar pohon kelor. Pasalnya, akar pohon kelor disebutkan mengandung bahan beracun. Selain itu, menjauhkan mengkonsumsi ekstrak pohon kelor jikalau tengah hamil dan menyusui, untuk menahan pengaruhnya pada janin dan bayi.

Jika Anda mengkonsumsi suplemen yang mengandung daun kelor, pastikan suplemen selanjutnya udah tercatat di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), untuk memastikan keamanannya.

Selain itu, waspadai juga kemungkinan munculnya reaksi alergi daun kelor. Meski alami, bukan bermakna kita bisa menggunakannya secara sembarangan.

Segera hubungi dokter jikalau keluar gejala alergi layaknya sesak napas, gatal, dan ruam sehabis mengkonsumsi tanaman ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *